Arsitektur Komputer Von Neumann
pada post kali ini saya akan membahas arsitektur komputer. dan ini merupakan materi pelajaran sistem komputer untuk smk jurusan teknik komputer.
Arsitektur
Komputer Von Neumann merupakan arsitektur yang diciptakan oleh Jhon Von
Neumann(1903 – 1957). Nama Von Neumann sendiri diambil dari namanya karena
dialah yang pertama kali mempublikasikan konsep tersebut.
arsitektur komputer ini banyak digunakan di sebagian besar sistem komputer non
paralel seperti komputer rumahan atau notebook. Kedepanya model Von
Neumann akan digantikan dengan sistem yang mampu mengkoordinasikan banyak CPU
untuk bekerja secara serempak seperti komputer yang digunakan oleh NASA.
Superkomputer
milik NASA menghubungkan 20 komputer canggih sgi altix, yang masing-masing
memiliki 512 prosesor, dilengkapi dengan 500 terabyte media penyimpan (storage)
lokal. Sejumlah 10.240 prosesor intel itanium 2 akan mentenagai
superkomputer space exploration simulator ini untuk melakukan berbagai
penelitian (kalau cuma untuk ngenet sia-sia nih komputer). Okay,
back to point. Meski konsep ini dikemukakan oleh Jhon Von Neumann kemudian
dikembangkan oleh J. Prespert Eckert(1919 – 1995) dan Jhon William
Mauchly(1907 – 1980) dalam pengembangan komputer ENIAC, nama von
Neumann lah yang lebih dikenal sebagai penemu arsitektur komputer tersebut.
Arsitektur
Von Neumann menggambarkan komputer dengan empat bagian utama yaitu Unit
Aritmatika dan Logis (ALU) yang merupakan bagian dari unit kontrol (cpu), media
penyimpanan (memory), dan alat masukan (input) dan hasil/keluaran (output)
secara kolektif dinamakan I/O. Dibawah ini adalah gambar arsitektur Von
Neumann.
Dalam gambar menunjukan begitu
sederhananya arsitektur tersebut, berikut penjelasan dari empat komponen
tersebut.
1. Masukan (input)
Perangkat
ini memiliki fungsi sebagai media untuk memasukkan data ke dalam processor
untuk diolah guna menghasilkan informasi yang diperlukan. Input devices atau
perangkat masukan yang umumnya digunakan personal computer (PC) adalah keyboard
dan mouse, keyboard dan mouse adalah unit yang menghubungkan user (pengguna)
dengan komputer. Selain itu terdapat joystick, yang biasa digunakan untuk
bermain games atau permainan dengan komputer. Kemudian scanner, untuk memindai
gambar agar dapat di olah secara digital. Touch panel, dengan menggunakan
sentuhan jari user dapat melakukan suatu proses akses file sebagai pengganti
mouse. Microphone, untuk merekam suara ke dalam komputer dan masih banyak lagi.
2. Pemroses (cpu)
CPU
atau Central Processing Unit merupakan tempat pemroses dari intruksi-intruksi
program, bentuknya berupa chip yang terdiri dari jutaan
IC. CPU terdiri dari dua bagian utama yaitu Unit Kendali (control
unit) serta Unit Aritmatika dan Logika (ALU). Disamping
itu, CPU mempunyai beberapa alat penyimpan yang berukuran kecil yang
disebut dengan register.
– Unit Kendali (control unit)
Unit
ini bertugas mengatur dan mengendalikan semua peralatan yang ada pada sistem
komputer. Unit kendali akan mengatur kapan alat input menerima data
dan kapan data diolah serta kapan ditampilkan pada alat output. Tugas
dari unit kendali ini adalah :
• Mengatur dan mengendalikan
alat-alat input dan output.
• Mengambil instruksi-instruksi dari
memori utama.
• Mengambil data dari memori utama
(jika diperlukan) untuk diproses.
• Mengirim instruksi ke ALU bila ada
perhitungan aritmatika serta mengawasi kerja dari ALU.
• Menyimpan hasil proses ke memori
utama.
– Unit Aritmatika dan Logika (ALU)
Tugas
utama dari ALU adalah melakukan semua perhitungan aritmatika (matematika) yang
terjadi sesuai dengan instruksi program. ALU melakukan operasi aritmatika
dengan dasar penjumlahan sehingga sirkuit elektronik yang digunakan disebut
adder. Tugas lain dari ALU adalah melakukan keputusan dari suatu operasi logika
sesuai dengan instruksi program. Operasi logika meliputi perbandingan dua
operand dengan menggunakan operator logika tertentu, yaitu sama dengan (=),
tidak sama dengan (<> ), kurang dari (<), kurang atau sama dengan
(<= ), lebih besar dari (>), dan lebih besar atau sama dengan (>=).
3. Penyimpanan (memory)
Memory
mrupan media penyimpanan data pada Komputer, jenis memory dibagi menjadi dua
yaitu.
-
RAM (Random Access Memory)
RAM adalah memory utama bagi
Komputer yang memegang arahan data yang akan diproses oleh Processor, Ram
sendiri bersifat volatile. Artinya data yang disimpan didalamnya akan hilang
ketika tidak di aliri arus listrik. Jenis RAM sangat bervariasi, diantaranya :
- DRAM (Dynamic RAM) adalah
jenis RAM yang secara berkala harus disegarkan oleh CPU agar data
yang terkandung didalamnya tidak hilang.
– SDRAM (Synchronous Dynamic RAM) adalah jenis RAM yang paling umum digunakan pada PC masa sekarang. RAM ini disinkronisasi oleh clock sistem dan memiliki kecepatan lebih tanggi dari pada DRAM.
– SRAM (Statik RAM) adalah jenis memory yang tidak perlu penyegaran oleh CPU agar data yang terdapat didalamnya tetap tersimpan dengan baik. RAM jenis ini memiliki kecepatan lebih tinggi dari pada DRAM.
– RDRAM (Rambus Dynamic RAM)adalah jenis memory yang lebih cepat dan lebih mahal dari pada SDRAM.
– EDORAM (Extended Data Out RAM) adalah jenis memory yang digunakan pada sistem yang menggunakan Pentium.
– SDRAM (Synchronous Dynamic RAM) adalah jenis RAM yang paling umum digunakan pada PC masa sekarang. RAM ini disinkronisasi oleh clock sistem dan memiliki kecepatan lebih tanggi dari pada DRAM.
– SRAM (Statik RAM) adalah jenis memory yang tidak perlu penyegaran oleh CPU agar data yang terdapat didalamnya tetap tersimpan dengan baik. RAM jenis ini memiliki kecepatan lebih tinggi dari pada DRAM.
– RDRAM (Rambus Dynamic RAM)adalah jenis memory yang lebih cepat dan lebih mahal dari pada SDRAM.
– EDORAM (Extended Data Out RAM) adalah jenis memory yang digunakan pada sistem yang menggunakan Pentium.
- DDR (Double Data
Rate) tipe RAM yang menggunakan teknologi double clock cycle. DDR
sekarang sudah semakin berkembang dengan munculnya DDR2 dan DDR3 yang memiliki kecepatan
yang sangat tinggi.
Kedepannya mungkin jenis-jenis RAM
akan terus berkembang, karena semakin berkembang pulasistem komputer yang ada
saat ini. Sehingga untuk menunjang kebutuhan komputasi yang tinggi dibutuhkan
performa komputer yang maksimal.
-
ROM (Read Only Memory)
ROM
ini sifatnya permanen, artinya program / data yang disimpan didalam ROM ini
tidak mudah hilang atau berubah walau aliran listrik di matikan. Proses
menyimpan data pada ROM tidak dapat dilakukan dengan mudah, namun membaca data
dari ROM dapat dilakukan dengan mudah. Sampai saat ini ada berbagai jenis ROM
yang pernah beredar dan terpasang pada komputer, antara lain PROM, EPROM,
EAROM, EEPROM, dan Flash Memory. Berikut ini uraian singkat dari masing-masing
jenis ROM tersebut.
1.
PROM (Programmable Read Only Memory)
2.
EPROM (Erasable Programmable Read Only Memory)
3.
EEPROM (Electrically Erasable Programmable Read Only Memory)
4.
Flash Memory
4.
Keluaran (output)
Perangkat
output adalah perangkat komputer yang digunakan untuk menampilkan atau
menyampaikan informasi kepada penggunanya. Informasi yang ditampilkan oleh
komputer merupakan hasil dari pemrosesan yang telah dilakukan oleh komputer.
Informasi yang diteruskan oleh komputer melalui perangkat output dapat berupa
tampilan di layar hasil cetakan, suara, dan sebagainya. Perangkat output sangat
banyak sekali jenisnya
No comments:
Post a Comment